James Derulo's

Portfolio

Sahabat?

Leave a Comment


Sebagian dari kita mungkin sudah tahu seperti apa mereka, tapi ada beberapa dari kita mungkin tidak mengetahui siapa mereka. Banyak definisi yang menyebutkan tentang sahabat. “Sahabat yang baik adalah mereka yang mengisi kekuranganmu bukan kekosonganmu” (Kahlil Gibran). Sama halnya dengan quotes Kahlil Gibran, sahabat ada karena kekurangan kalian bukan karena kekosongan kalian. Kekosongan disini mungkin diartikan sebagai rasa sepi berkepanjangan, atau kesepian. Banyak orang salah beranggapan, “sahabat akan selalu ada saat kita membutuhkannya” atau “sahabat akan selalu ada saat kita senang maupun sedih”, kalau kalian beranggapan kayak gini sama saja kalian memanfaatkan hubungan dengan embel-embel “SAHABAT”. 
 
Meski kalian bersahabat, tak seharusnya kalian egois. Personal dari kalian pasti memiliki kesibukan masing-masing. Ingat, sahabat bukan pengsuh. Kalian paham kan tak seharusnya selalu menuntut setiap waktu harus selalu bercerita ini itu, meluangkan waktu sebaik mungkin untuk selalu bisa berkomunikasi. 

“Jika engkau berselisih faham, niscaya ia akan lebih senang mengalah untuk kepentingan persahabatan”. Itu benar, tapi disisi lain itu juga kurang tepat. Tidak semua mau selalu mengalah, ada batasan tersendiri untuk mengalah. Terlalu sering mengalah juga berakibat buruk untuk pasangan (sahabat), mereka akan tidak tahu diri dan akhirnya beranggapan “alaah, dia pasti ngalah, dia kan sahabatku” atau “dia kan selalu mengalah”. Harapan kita agar dia mau berubah malah membuat dia semena mena. Jadi, sekali kali bilang TIDAK apa salahnya? Kalau bisa buat lebih baik so what gitu?

Permasalahan antar sahabat kebanyakan soal PACAR. A punya pacar, dan pacar si A ternyata menaruh hati pada si B sahabat A  *pengalam penulis hehehe. Wow, ini masalah serius frieds. Sahabat mungkin mikirnya kalian nikung dia, tapi hanya kalian, si pelaku dan Tuhan yang tahu bagaimana kebenarannya. Kalau menurut kalian, seharusnya sahabat kalian pilih siapa? Kalian apa si cowok b******k itu? Kalau menurutku, seharusya sahabat kalian milih kalian, bukannya si cowok. Tapi, yang ada malah milih si cowok, kayak di TV TV itu loo. Katanya dia gak bakalan nikung kalau gak digodain. Ckckck, itu mah pemikiran kolot. Kalau difikir fikir lagi, sahabat kalian bodoh. Kalau si cowok emang setia, dia gak bakalan ngeduain pacarnya kali, walau digoda sekalipun. Dan apa akibat dari semua ini? Sahabat kalian menjauh, dia gak se care dulu. Kalian bisa beranggapan dia melupakan kalian, dan dia hanya datang kala butuh sesuatu *sorry curhat hehe. Tapi friends kalau udah seperti ini apa yang kalian musti lakuin? Diam? Nunggu dia sadar? Alaah gak ngaruh juga kali. Saran sih, tetap jaga aja kepercayaan yang tersisa dari semua itu. Tunjukin aja kalau kalian masih care dan sayang sahabat kalian. 

Iya satu lagi, nilai yang tekandung dalam persahabatan seringakali apa yang dihasilkan ketika seorang sahabat memperlihatkan secara konsisten :

  1.  Kecenderungan untuk menginginkan apa yang terbaik bagi satu sama lain.
  2.  Simpati dan Empati
  3.   Kejujuran, barangkali dalam keadaan tertentu sulit bagi orang lain untuk mengatakan yang sebenarnya. *for_you_moo, dan yang paling penting, 
  4. Saling pengertian.
Yap, barangkali cuma ini. Tunggu next post yak. See ya… :*



Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda